Kelas
: LC64
Nama
Dosen : Drs. Rusliansyah Anwar, M.Eng
Kode
Dosen : D3191
Hari/tanggal
: Jumat, 20 November 2015
Waktu
: 08.00 – 10.30
Lokasi : SDN Tanjung Barat 04 Pagi, Jakarta Selatan
Lokasi : SDN Tanjung Barat 04 Pagi, Jakarta Selatan
Kepala Sekolah : Endang Larasati
Tim
yang hadir :
Ketua
: Stella
Wong – 1701316084
Anggota
:
1.
Fikry Hidayatullah – 1701321512
2.
Fransiskus Edwin Antonius – 1701312136
3.
Nikke Priscilla – 1701371864
4.
Nurcahyani Utami Dewi – 1701323285
5.
Rohely Safitri – 1701339636
Tim
yang tidak hadir : -
Dari kiri ke kanan : Rohely , Nurcahyani , Nikke , Stella , Fransiskus , Fikry |
Dari depan kiri ke belakang kanan : Nurcahyani , Stella , Nikke , Fransiskus , Rohely , Fikry |
Pada matakuliah
Character Building Profesional Development kami mempelajari materi perkuliahan
tentang dunia pekerjaan. Materi dunia pekerjaan yang meliputi etika-etika,
prinsip – prinsip dalam dunia pekerjaan, cara berinteraksi dengan baik, teori-teori
mengenai perlindungan konsumen, kewajiban perusahaan dan karyawan, hak-hak
karyawan dan diskriminasi dalam dunia kerja.
Pada matakuliah
Character Building Profesional Development kami mendapatkan tugas untuk
melakukan survey di sekolah untuk mendapatkan data KJP dan 8355. Kami melakukan
pengambilan data KJP dan 8355 pada hari Jumat,20
November 2015. Sebelum
keberangkatan kami telah membuat janji sebelumnya pada pihak sekolah. Tempat
kami berkumpul sebelum berangkat ke tempat tujuan yaitu di Sevel sekitar pukul
07.00 WIB.
Ketika kami sampai
sekolah, kami menemui guru piket yang mengatur janji dengan kami sebelumnya. Guru
piket mengkonfirmasi kepada Kepala Sekolah bahwa kami sudah datang dan akan
melakukan pengambilan data KJP dan 8355. Dalam pengambilan data KJP kami
membagi kelompok menjadi 3, yaitu :
Kelompok 1: Stella
Wong dan Fransiskus Edwin Antonius
Pengambilan data KJP yang dilakukan oleh Stella Wong |
Pengambilan data KJP yang dilakukan oleh Fransiskus Edwin |
Kelompok 2: Nikke
Priscilla dan Nurcahyani Utami Dewi
Pengambilan data KJP yang dilakukan oleh Nikke dan Nurcahyani |
Kelompok 3: Rohely Saputri dan Fikry
Hidayatullah
Pengambilan data KJP yang dilakukan oleh Fikry dan Rohely |
Ketika melakukan
pengambilan data KJP kami sedikit mengalami kendala, dikarenakan kesulitan
siswa-siswa menjawab pertanyaan yang kami berikan. Cara kami mengatasinya
adalah kami mengubah kalimat pertanyaan yang sesuai dengan usia siswa agar
siswa yang kami ajukan pertanyaan memahami apa yang kami tanyakan. Kendala
lainnya banyak sekali siswa yang tidak mengetahui kapan KJP tersebut dibuat
karena sebagian besar yang mengurusi KJP mereka adalah orantuanya. Tidak lupa
sebagai ucapan terimakasih kami memberikan makanan ringan kepada siswa yang
membantu kami dalam pendataan KJP ini.
Setelah melakukan
pendataan KJP, kami membagi kelompok untuk melakukan wawancara dan melakukan
pendataan KJP. Wawancara kami langsung kepada Kepala Sekolah dan data 8355 kami
langsung dengan guru yang mengurusi 8355. Setelah melakukan pendataan kami
mengambil foto-foto bersama guru-guru dan Kepala Sekolah sebagai dokumentasi. Setelah
berfoto-foto kami langsung berpamitan untuk pulang kembali ke Binus. Dalam
melakukan survey ini kami banyak mendapat pelajaran baru seperti berinteraksi
dengan orang-orang baru seperti anak anak yang sekolah, staff yang bekerja di
sekolah tersebut seperti guru, kepala sekolah dan pengurus sekolah lainnya.
Laporan hasil
monitoring dan evaluasi KJP ke google docs dilakukan oleh Stella Wong,
sedangkan laporan hasil pengecekan data 8355 (Data Dinas Pendidikan DKI vs Data
Sekolah) ke google docs dilakukan oleh Nurcahyani Utami Dewi.
Berdasarkan pengecekan
data KJP dan 8355 yang kami lakukan pada sekolah SDN Harapan Mulia 04 Petang,
pemberian KJP digunakan dengan baik, karena sistemnya yang seperti kartu debit,
sehingga jika orang tua melakukan kecurangan (dimana dana KJP digunakan bukan
untuk kebutuhan sekolah anaknya seperti untuk membeli perhiasan, makan – makan,
dll) maka akan langsung diketahui, sehingga menimalisir kecurangan yang dulu
sering terjadi. Para siswa juga terlihat antusias dan senang ketika kami menanyakan
pendapat mereka tentang KJP. Sedangkan untuk pengecekan data 8355, jumlah data pas, terdapat
perbedaan pada nama orang tua, yang menurut kami di mana salah satu nama ayah,
dan satunya nama ibu. Misalkan pada data di Dinas tertera nama orang tua (nama
ayah) dan pada data sekolah tertera nama orang tua (nama ibu). Pada pengecekan KJP, kami mewawancara
30 siswa. Tujuan kami dalam pengecekan ini adalah membantu tugas dinas dimana
banyaknya SD yang mendapatkan KJP dan kesibukan – kesibukan dinas, sehingga mendorong
kami untuk membantu dalam pengecekan KJP dan 8355.
Jumlah peserta penerima KJP di SDN Tanjung Barat 04 Pagi sebanyak 60 peserta.
Lampiran
Foto anggota kelompok bersama Kepala Sekolah SDN Tanjung Barat 04 Pagi (Kanan) dan Pak Supanto (Kiri) , selaku perwakilan sekolah. |
Foto anggota kelompok bersama staff SDN Tanjung Barat 04 Pagi |
Berikut video singkat yang kami ambil ketika kami sudah selesai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar